Manfaat Permainan Monopoli Untuk Anak Anda

manfaat permainan monopoli

Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan

Meningkatkan Interaksi Sosial

Dengan permainan papan, anak Anda akan lebih sering berinteraksi dengan teman-temannya atau anggota keluarga. Di zaman serba gadget saat ini, anak Anda perlu mengasah keterampilan komunikasi dengan orang-orang sekitar dan tidak hanya bergantung pada gadgetnya.

Mengasah Keterampilan

Bermain permainan papan bisa lebih dari sekedar menyenangkan. Permainan ini merupakan cara yang bagus untuk menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan. Selain itu, anak Anda akan dilatih untuk memahami dan bereaksi terhadap situasi yang berbeda. Inilah kuncinya. Terlebih lagi, anak Anda akan belajar tentang warna, bentuk, dan angka dengan cepat ketika mereka memainkan game sederhana ini.

Mengenalkan Pelajaran Hidup

Permainan ular tangga akan mengajarkan anak Anda berhitung. Demikian pula dengan permainan Monopoli yang mengasah keterampilan strategi dan menggunakan uang secara bijak. Sedangkan permainan seperti Scrabble dan soduku bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan matematika pada anak.

Kemampuan Pemecahan Masalah

Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting bagi setiap anak. Namun jangan salah, permainan papan juga bisa berguna untuk mengasah kemampuan anak Anda dalam menghadapi dan mengatasi masalah.

Mengatasi Kesulitan

Tak jarang kesialan terjadi ketika bermain monopoly. Misalkan ketika tiba-tiba saja Anda masuk penjara atau diharuskan membayar denda. Bermain Monopoly membuat Anda harus bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Semakin tajam kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah keuangan di permainan Monopoly, semakin mahir juga Anda mengatasi masalah keuangan di dunia nyata.

Hindari Hutang

Dalam permainan Monopoly Anda diperbolehkan meminjam uang pada Bank atau menghutang pada musuh Anda. Meski awalnya ini bisa memudahkan Anda membeli tanah, rumah, atau bahkan membangun hotel, namun pada akhirnya terlalu banyak hutang akan menyulitkan diri Anda sendiri. Anda tak bisa memenangkan permainan ini dengan berhutang. Begitu juga di dunia nyata. Banyak berhutang akan membuat Anda kesulitan secara finansial. Sebaiknya hindari berhutang, baik ketika bermain maupun di dunia nyata.

Mengatur Uang Dengan Bijak

Monopoly tak bisa dimenangkan dengan sikap pasif. Anda juga harus berani mengambil risiko untuk mengeluarkan uang untuk mengembangkan aset. Ini perlu untuk menutup kesempatan musuh mengambil banyak uang dari Anda. Anda harus bisa membagi keuangan dengan bijak. berapa banyak yang harus diinvestasikan dan berapa banyak yang harus disimpan. Pelajaran ini juga bisa diterapkan di dunia nyata. Anda harus memiliki tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dan tidak menghabiskan semua uang untuk membeli aset atau kebutuhan.

Ketahui Tujuan Anda

Seperti permainan lainnya, Monopoly memiliki tujuan yang jelas. Bagi kebanyakan orang, tujuannya bisa membuat pemain lain bangkrut atau memenangkan permainan. Setelah menentukan tujuan, baru Anda bisa membuat rencana untuk menjalankannya. Seperti halnya hidup, Anda juga harus mengetahui rencana keuangan Anda di masa depan. Jika tak memiliki rencana jangka panjang, kemungkinan Anda akan kesusahan mengatur keuangan di waktu mendatang.

Efektivitas Keuangan Dan Negosiasi

Dalam permainan Monopoly, Anda seringkali harus menukarkan beberapa aset untuk mendapatkan kelompok warna yang potensial. Untuk itu Anda harus memiliki kemampuan negosiasi yang efektif dengan lawan bermain. Anda tak boleh bersikap agresif, namun harus bisa menjelaskan keuntungan dan bersikap hormat pada lawan. Hal ini juga bisa menguntungkan jika diterapkan pada kehidupan nyata.